BLANTERWISDOM101

Cara Upgrade Xperia X8 ke Gingerbread 2.3.7 GingerCrutz v8.2

Saturday 21 April 2012
Sudah hampir 1bulan ini saya gak posting dikarnkan sibuk sama urusan pekerjaan yang bulan-bulan ini sangat melelahkan hingga sampai komentar dan pertanyaan dari sobat-sobat blogger belum sempat saya jawab.oke lah kebetulan saya ada sedikit waktu, saya sempatkan buat posting Cara Upgrade Xperia X8 ke 2.3.7 setelah beberapa waktu lalu saya posting Cara Upgrade Xperia X8 to Gingerbread 2.3.5. dan kebetulan juga ada yang minta tutorial ini via kotak komentar. Di cara upgrade Gingerbread 2.3.7 ini langkah nya pun gak beda sama langkah-langkah upgrade versi 2.3.5 oke langsung saja.
Sebelum masuk ke proses instal rom gingerbread , Root dulu Xperia X8 kamu bisa dilihat tutorialnya disini.  Jika sudah di root  Kemudian instal xRecovery baca tutorialnya disini.
Jika Sudah mari kita masuk ke tahap Instal Rom gingerbread 2.3.7.
  1. Pertama download Firmware 2.3.7 gingerbread rom di sini.
  2. Copy file Rom yang sudah kamu download diatas, dan letakkan dalam sd card (luar folder, jangan di dalam folder).
  3. Kemudian reboot xperia kamu, lalu masuk ke mode xRecovery dengan cara tekan dan tahan tombol back.
  4. Lalu pilih instal custom zip dan pilih rom yang sudah kamu letakkan di SDcard
  5. Bila sudah selesai jangan lupa di "factory reset" atau full wipe.
  6. Reboot Xperia kamu atau bila selesai mungkin xperia kamu akan restart sendiri..abaikan saja. selesai
 .Inilah list penambahan setelah di upgrade ke Gingerbread 2.3.7.
  1. New keyboard from Xperia mini 2011.
  2. New wallpaper.
  3. Flashplayer included by default.
  4. HTC_ime keyboard removed.
  • Xloud and bravia engine.
  • Contact xmp.
  • Desk clock semc.
  • Calender
  • Backup and restore.
  • Miui music
  • Time scape
  • Digital clock widget.
  • SE search widget.
  • Mms transparent.
  • Photo widget
  • Status switch.
  • Weather widget.
  • Widget calender.
  • Widget On Off.
  • Xperia events.
Share This :

67 comments

Silahkan tiggalkan komentar demi kemajuan blog ini....!!! Jika ada pertanyaan,silahkan hubungi saya diakun Facebook "Nan Kext Tweaking"

  1. gan,ane dah ngikuti langkah upgreatnya pe succes , tapi kok x8 ane restart trus,g mau masuk,cma muncul tulisan soner putih trus mati lagi,,gtu trus..gmna tu gan?mohon pencerahannya?

    ReplyDelete
  2. biasanya romnya msih donut 1.6 upgrade dulu aja gan ke Eclair 2.1

    ReplyDelete
  3. Gan stlh ane upgrade ke 2.3.7
    ko internetannya gak bisa y gan???
    mohon pencerahanyagan...

    ReplyDelete
  4. Iya Gaan ,... Tlong bantu Masalah koneksi internet kami ya ,... haddduh ,... Maklum gan Newbie ,...

    ReplyDelete
  5. untuk masalah internet... ane juga mengalami masalah tersebut. saya udah coba restore ke eclair dan coba lagi update custom rom nya. masih tetep ga bisa, saya ganti ke custom rom lain, masih sama tetep ga bisa...

    eh.. usut punya usut 2 hari nyari tau, ternyata ane pake kartu im3, dan settingan default apn dari custom rom untuk im3 itu APNnya "indosat3g" mungkin ga support atau gimana. dan ane ganti aja APNnya jadi "indosatgprs"... so work fine... lancar... keren deh pokoknya...

    ReplyDelete
  6. yang saya tau gak support indosat3g hrs indosatgprs....cuman kalau ane pake kartu 3 lancar jaya gan tanpa setup APN-nya

    ReplyDelete
  7. Nanda Dwi Pambudi31 May 2012 at 20:46

    gan x8 punya ane firmware nya 2.1-update bisa ga upgrade ke 2.3.7 ?
    masih ragu gan

    ReplyDelete
  8. Nanda Dwi Pambudi31 May 2012 at 20:54

    gan x8 punya ane firmware nya 2.1-update1 bisa ga di upgrade ke 2.3.7 ? masih ragu gan.

    ReplyDelete
  9. gan x8 ane dah v.4 pengen ke v.2.3.7 tutorialnya sama aja gak ..makasie ya gann suksesss

    ReplyDelete
  10. iya gan ya seperti di atas

    ReplyDelete
  11. Nanda Dwi Pambudi4 June 2012 at 18:18

    gan rom 2.3.7 ini support multitouch ga ya??

    ReplyDelete
  12. aku udah jadi ,
    cuma ada sedikit masalah ,
    saat membuka Market selalu "Waktu sambungan habis" .
    padahal buat Internetan lainya tidak masalah ,
    dan sekarang pun kalo saya masuk dari PC akun Gmail saya "don't have any devices" ,
    bagaimana ini y ?

    ReplyDelete
  13. restart gan trus masuk ke mode xrecovery pilih factory/wipe data
    kalau masih sama reinstal lagi gan....biasa gan custom rom.....

    ReplyDelete
  14. gan mf ane knp y kok gk bs msuk menu xrecovery..
    ane dah coba berkali2 tetep gagal..
    mint pencerahannya gan

    ReplyDelete
  15. thank gan atas pencerahan setingan internetnya...

    ReplyDelete
  16. gan pake kernel 2.6.29 bawaan bisa ga ya? kalo liat gambar di atas kan 2.6.29-Alfs, takutnya ada aj bugs nya kalo kernelnya ga cocok entah restar, atau FC. trims

    ReplyDelete
  17. gak masalah gan...2.6.29Alfs buat cm7

    ReplyDelete
  18. maaf gan mau nanya... x8 punya ane dah gingerbread 2.3.7. tp wifinya kok sering putus nyambung ya gan ... mohon solusinya ya gan

    ReplyDelete
  19. gan ane bingung yang ''reboot xperia, factory reset atau full wipe itu diapain ya? ane masih newbie dan masih baru di android xperia x8 thx b4

    ReplyDelete
  20. buat yang susah instal recovery baca lagi, dicoba lagi dan harus lebih teliti jangan menyerah
    @qdw untuk Wifi solusinya sudah saya post gan di sini

    Gan Anonymous reboot tu matiin hp-nya kemudian otomatis hidup sendiri,factory reset atau full wipe adalah Pemulih semua konfigurasi hp dari awal

    ReplyDelete
  21. gan, sebelumnya saya sangat berterimakasih atas tutornya. saya ingin menanyakan apakah custom rom ini membutuhkan unlock bootloader apa tidak? karena dalam handset lain dengan develop yang sama dibutuhkan unlock bootloader. sekali lagi terimakasih.

    ReplyDelete
  22. untuk unlock dan tidak unlock tergantung permintaan ROM tapi untuk rom di atas gak minta unlock

    ReplyDelete
  23. klu soner upgrade na gag bisa ke samsung ya gan ?
    klu bisa kasi tau caranya ya gan

    ReplyDelete
  24. gan..ane berhasil Upgrade Xperia X8 ke Gingerbread 2.3.7 GingerCrutz v8.2 ..tapi sekarg ane ga bisa instal aplikasi lain, ane coba instal aplikasi yag bukan dr market tp malah ngerestart terus..mohon solusiny gan..tx

    ReplyDelete
  25. gan, hape gw udah eclair 2.1 tapi pas berhasil upgrade tapi pas rebooting gak mau masuk,malah nge restart terus gan, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  26. @Tini Waduh ane lupa , ane juga udah pernah kejadian begitu tar coba ane inget2 dulu.

    @Ubaydilah Maksudnya udh berhasil upgrade custom room Ginger..??

    ReplyDelete
  27. ia gan udah berhasil tapi malah terus2an nge restart mhn pncrhnnya thx

    ReplyDelete
  28. masuk recovery lagi pilih Wipedata trus wipe chace partition trus pergi ke advance pilih wipe delvik chace trus wipe batre stats trus reboot system.....

    ReplyDelete
  29. klo x8 ane sdh gingerbread 2.3.5 cm7 apa bisa langsung diupgrade ke gingerbread 2.3.7 dengan langkah copy updateGR82.240b.zip==>masuk ke mode recovery gingerbread 2.3.5==>dst seperti langkah yang agan berikan di atas? Tnx a lot atas pencerahannya.

    salam dari yogya

    ReplyDelete
  30. gan itu yang bisa soner tipe apa aja??

    ReplyDelete
  31. gan ko market suka ga bisa suka muncul tulisan "Waktu sambungan habis"
    mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  32. ya tipe Xperia X8 aja gan untuk rom diatas.....!!!!

    itu biasa koneksi internetnya gan,,,,temen ane pernah kejadian begitu wktu pake A muncul "Waktu sambungan habis" saya coba pake kartu B lancar saja dan ane ganti A masih saja begitu e ternyata kartu A masih eror....

    ReplyDelete
  33. gan untuk download Firmware 2.3.7 gingerbread rom caranya gmn y aq bingung..cori mch newbi

    ReplyDelete
  34. oya setelah saya cek ternyata linknya di remove sama mediafire....tar ane usahain cariin atau ane uploade,.....

    ReplyDelete
  35. udah ane upload gan cek link-nya diatas

    ReplyDelete
  36. kokk internet nya ga bsa gan ??
    kartu sd nya juga ga ada , pdhal udah dipasang ?
    gmna tuh gan ?
    bantu ya gan , antara hidup dan mati ini gan .
    thanks

    ReplyDelete
  37. masuk recovery lagi pilih Wipedata trus wipe chace partition trus pergi ke advance pilih wipe delvik chace trus wipe batre stats trus reboot system.....

    ReplyDelete
  38. gan kalo lasg dari bawaan aslina X8 lo gak salah 1.6 lsg ke 2.3.7 bisa gak gan? atau harus ke 2.1 dulu makasih gan masih newbie bgt

    ReplyDelete
  39. gan kalo lasg dari bawaan aslina X8 lo gak salah 1.6 lsg ke 2.3.7 bisa gak gan? atau harus ke 2.1 dulu makasih gan masih newbie bgt

    ReplyDelete
  40. gak bisa gan harus ke 2.1 Eclair dulu

    ReplyDelete
  41. Gan ..
    Saya sudah download ..
    hp saya gagal booting ..
    hanya mentok di lambang soner ..
    waktu di cba konek ke Sony PCC tidak ke detek ..
    apa ROM ini memang tidak bisa di deteksi sama Sony PCC ?

    ReplyDelete
  42. sebenernya mengatasi gagal bootig waktu upgrade itu gampang kok yaitu masuk recovery lagi pilih Wipedata trus wipe chace partition trus pergi ke advance pilih wipe delvik chace trus wipe batre stats trus reboot system.....jika sudah gk bisa masuk recovery mode solusi terakhir Flash pake flashtool..

    ReplyDelete
  43. gan berarti itu filenya abis di download ga usah di extract ya, langsung pindahin ke /sdcard aja?

    ReplyDelete
  44. gan tolongin donk
    pnya ane, ud berhasil upgrade 2.3.7. tapi pas hpnya dimatiin trus reboot lagi, ga mau masuk". nyangkut di logo sony ericsson. ini bagaimana ya gan?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  45. Firdyan_ya kalau file Rom lgsung pindahin sj ke Sdcard gak perlu di extract....

    ranger_masuk mode recovery gan pilih Wipedata trus wipe chace partition trus pergi ke advance pilih wipe delvik chace trus wipe batre stats trus reboot system.....jika sudah gk bisa masuk recovery mode solusi terakhir Flash pake flashtool..

    ReplyDelete
  46. gan! ane minta link stock rom 2.3.7 aja gan ada gak?
    ane bosen make costum rom mulu

    ReplyDelete
  47. punya ane apn nya cuma adosat3g doang gan cara ganti apn ke indosatpgrs nya gimana dong????
    mohon pencerahannya gan..

    ReplyDelete
  48. gan... untuk bikin partisi gmna cara'a.. sbelumnya ane partisi di eclair lancar2 aja.. setelah naik ke 2.3.7 knpa klo SD card dpsang ke HH sllu BLANK SD... format partisi udh bener... apa ada yg kurang


    tolong pencerahannya Gan...THX..

    ReplyDelete
  49. Anonymous@ mf gan ane gak pnya stock rom 2.3.7 ,,kyknya dari offical sony cman smpe Eclair...

    Johnny Sullivam_kn tinggal buka menu wireless and network-->Mobile network-->Accsess point names trs pilih dah mn APN yang mau diganti...

    abah setia@ coba partisi pake MiniTool Partition Wizard

    ReplyDelete
  50. kenapa masuknya lama???

    ReplyDelete
  51. gan,ane dah ngikuti langkah upgreatnya pe succes , tapi kok x8 ane restart trus,g mau masuk,cma muncul tulisan soner putih ga ke menu utama :(

    ReplyDelete
  52. gan, ane udh update nih gan, tpi pas masuk setting background nya msh sm ky eclair warna biru gt, nah biar sm kaya yg di screenshot gimn ya gan? thx

    ReplyDelete
  53. gan, knp background di baguan setting masih model model eclair ya? ga ky yg di screenshot

    ReplyDelete
  54. gan ko pas msuk mnu recovery,,
    trus mnu costum zip,,
    pas intal rom'y dia ga mau ya,,
    knpa ya gan mhon info'y,,

    ReplyDelete
  55. gan udah saya lakukan semua.
    saat masuk recovery file rom nga bisa di install malah file not found?

    tolong pencerahannya?

    ReplyDelete
  56. gan, xperia saya kok gg bsa smpai k mnu awal lgi...
    pdhl udh kluar "sony ericsson" ny

    ReplyDelete
  57. gan, xperia gwe kok gg bsa msk mnu awal lg...
    pdhl kata "sony ericsson" ny udh kluar...

    ReplyDelete
  58. masih banyak bugs nya gan

    ReplyDelete
  59. gan,, ni alamatya tuk download romnya kq dah mati gan?

    ReplyDelete
  60. maaf gan, saya mau ngasih saran mudah2an ada manfaatnya.
    gan, trik ini mungkin bagi yang sudah terbiasa upgrade tidak ada masalahnya, tapi bagi yang pemula sangatlah susah, jadi saran saya posting triknya kalo bisa se lengkap mungkin (kalo perlu STEP-BY-STEP+GAMBAR dari tiap step), dan jangan lupa tuliskan segala kemungkinan yang mungkin terjadi(penjelasan), misalkn:

    Jika salah satu step yang tdak di praktekan tidak sesuai dengan yang di posting, maka kemungkinannya bla...bla...bla...

    kalo contoh di atas, mungkin yang PEMINDAHAN 3 file xRecovery ke SYSTEM/BIN (di postingan install xRecovery), menurut saya jika tidak keluar tulisan/ tombol R/W, itu karna GAGAL ROOTING.

    ok gan cukup segitu aja saran dari saya, mudah2an ada manfaatnya dan saya mohon agan tidak tersinggung karena saya tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi pengalaman yang dirasakan.

    oh ya temen-temen, saya juga punya blog nih, mohon sarannya dari para blogger semua mengenai blog saya.

    informationcenter212.blogspot.com

    ReplyDelete
  61. gan,,,punya ane abis di reboot malah cuma keluar tulisan soner putih aja... nah bis itu mati ga nyala lagi cuma kelip2 merah,,gmn tuh solusinya ???

    ReplyDelete
  62. bugs itu apaan gan ?? maaf masi hitam putih,,,,

    ReplyDelete
  63. pertama ok tampilanya menunya lumayanbagus tapi hp gue sekarang suka restar sendiri aduhhhh bagemana ini, tolong ......

    ReplyDelete