BLANTERWISDOM101

Cara Instal xRecovery di Sony Ericsson Xperia

Monday 6 February 2012
Perhatian sebelum instal Xrecovery. Android kamu harus di root terlebih dahulu, jika belum mengerti cara root android bisa di lihat tutorialnya disini
  1. Download Xrecovery disini
  2. Install Root Explorer di HP jika belum punya bisa download disini
  3. Instal Busybox ( dari market ) atau disini
  4. extrak file xrecovery ke SDCARD dan akan muncul 3 file ( busybox, chargemon dan xrecovery )
  5. Buka Root Explorer ( jika muncul notifikasi pilih allow )
  6. Copy 3 file hasil extrak ke dalam folder System/bin dengan menggunakan Root Explorer ( sebelum dipaste klik mount R/W di pojok kanan menu root explorer )seperti SS diatas.
  7. Restart HP
  8. untuk masuk menu Xrecovery, pencet Tombol Back berulang-ulang atau tekan dan tahan tombol back saat muncul tulisan Sony Ericsson warna putih.
  9. Tombol Volume ( + / - ) untuk pindah menu dan tombol tengah untuk memilih
Semoga bermanfaat selamat mencoba trimakasih..!!!!
Share This :

72 comments

Silahkan tiggalkan komentar demi kemajuan blog ini....!!! Jika ada pertanyaan,silahkan hubungi saya diakun Facebook "Nan Kext Tweaking"

  1. Gan, ane dah ikutin smua langkh, kq gk bisa msuk x-recovery sh ? sllu lewat d tkn back berkali2 jg stelah tlisan sony

    ReplyDelete
  2. coba lagi karna biasanya kalau belum berhasil copy 3 (busybox, chargemon dan xrecovery) filenya belum ber hasil.....

    ReplyDelete
  3. busybox nya klo ga bsa d install gmna gan ??

    ReplyDelete
  4. gak apa2 gan yang penting copy 3file (busybox, chargemon dan xrecovery)

    ReplyDelete
  5. Cara instal root explorer d hp gmn gan???

    ReplyDelete
  6. ya seperti instal aplikasi2 (file APK)yang lain....gan

    ReplyDelete
  7. pada tahap ini di lakukan d hapenya langsung ya gan ?
    download aplikasinya langsung OTA gitu ?

    ReplyDelete
  8. gan saat recovery d extract kok ga bisa muncul apa2 ya ?
    kalo ane keluarin sendiri baru bisa , tapi cuman dapet chargemon ama busyboxnya aja , xrecovery nya malah tar gt formatnya
    trus pas ane tekan back berulang2 ga bisa masuk xrecovery , langsung nyala hpnya

    mohon pencerahan ya gan hehehe

    ReplyDelete
  9. pastikan android agan dah berhasil ke root
    agan extract pake PC trus copy file nya ke SDcard (dah saya coba pake PC)...nah kalau udah Instal Busybox download dari google play lalu copas 3 file (busybox, chargemon dan xrecovery)pake Root Explorer ke /System/bin
    memang xrecovery-nya extensinya .tar gan....!!!!

    ReplyDelete
  10. filenya kok gak bisa di copy ke system/bin gan
    malah keluar kata:
    warning
    you cannot paste here because the file system is read-only.
    gimana tu gan

    ReplyDelete
  11. sebelum dipaste klik mount R/W(Read Write) di pojok kanan menu root explorer

    ReplyDelete
  12. mount R/W nya ga mau kluar gan??

    ReplyDelete
  13. coba pake root explorer yang ini

    ReplyDelete
  14. saya udah pake root explore yang dikasih diatas, tapi sama aja, mount r/w nya gak keluar tuh.. mohon bantuannya!

    ReplyDelete
  15. smua sudah saya lakukan seperti yang di suruh gan, tp kok setiap mau masuk recover, lewat trus... langsung nyala seperti biasa gan. dah mencet tombol back berkali2 jga gan ape mau jebol tombolnya..... mohon bantuannya gan...

    ReplyDelete
  16. iya gan lewat terus langsung nyala seperti biasa ?

    ReplyDelete
  17. berari itu belum berhasil copy 3 file itu gan

    ReplyDelete
  18. gan punya ane udah ane coba berkali kali tapi kok gagal ya lewat terus. masalahnya pas ane mau copy 1 per 1 busybox,chargemon,xrecovery.tar lalu di paste di system\bin nah sebelum dipaste kan tekan mount R/W tapi muncul tulisan "you cannot paste here because the file system is read-only" padahal udah ane mount R/W. terus ane pilih mount R/O baru bisa dipaste. tapi tetep gagal. mohon pencerahannya agan Nan Sevenfoldism. thx b4

    ReplyDelete
  19. via YM aja gimana gan biar lebih enak

    ReplyDelete
  20. gan kok xrecovery nya gabisa di buka ???

    ReplyDelete
  21. gan Busybox nya ko ga da linknya..

    ReplyDelete
  22. udah ane upload diMF Busybox-nya

    ReplyDelete
  23. gan..tulung..ane ko ga berhasil, pdhl dh ngopi 3file itu disitem/bin. dan dah d restar tp pas ane nyalain dan da tulisan sony ericsson yang warna putih trus ane pencet tuh tombol back..tp ga terjadi apa2..ga bisa buka xrecovery-nya...
    mohon bantuannya gan...

    ReplyDelete
  24. gan ko xrecovery nya ga bisa dibuka ? pdhal smw file sudah dcopy, stiap tekan tombol back kagak terjadi apa2..mohon pencerahan gan..tx

    ReplyDelete
  25. wah itu berarti belum berhasil copy 3file dicoba lagi saja gan

    ReplyDelete
  26. uda ane coba lg gan, ane copy ulang 3file itu, tp ttp ga bsa masuk..help gan..tx

    ReplyDelete
  27. kalau udah ngikutin tutor diatas masih gak bisa. bingung juga ane kalau gak lihat langsung hpnya

    ReplyDelete
  28. itu bukan ditekn berulang2 gan , tp sekali tekan aja yg lama back nya ^^

    ReplyDelete
  29. maksih mas hendy udah ikut share

    ReplyDelete
  30. gan, minta bantuan nya nih..
    ane udah ikutin. pas yg d suruh teken back itu. gagal mulu :(
    bantuin ane ya gan, makasih :)

    ReplyDelete
  31. yng file tar gk bisa d pindah ke system\bin

    ReplyDelete
  32. uda ane coba gan, dan masih gagal.
    gan, ko skrg klo ane ngcharge hp ane nyala sendiri,pdhl uda ane matiin sblumnya. mohon bantuannya gan. .thx sm.

    ReplyDelete
  33. via twitter aja gan karna mungkin penjelasanya akan panjang

    ReplyDelete
  34. gan, alamat twitternya apa ?

    ReplyDelete
  35. di sidebar blog kan ada tinggal follow aja

    ReplyDelete
  36. punya ane juga gan, g bsa msuk xrecovery, pdahal uda ane copy semua filenya,,,,,,,,,,,,,,help me gan!!!!
    thx..

    ReplyDelete
  37. Coba ganti xrecovery yang ini gan

    ReplyDelete
  38. cara instalnya sama gak gan?

    ReplyDelete
  39. Firmware udah Eclair 2.1.1.A.0.6 belum???

    ReplyDelete
  40. memory di system/bin ngga cukup buat nampung busybox, chargemon dan xrecovery. Diapain ya gan?

    ReplyDelete
  41. factory /wipe data,,........

    ReplyDelete
  42. kok ngga bisa masuk ke menu Xrecovery ya? padahal langkah2 udah dilakuin semua.

    ReplyDelete
  43. gan ko tiba2 ngadat yah..
    sama ane di restart gara2 ga bisa klik apa2,pas ada tulisan soner yg putih nya diem trus.. ga masuk ke home
    help !!

    ReplyDelete
  44. mount R/W tetep g mau keluar tu gan

    ReplyDelete
  45. Bro, apa xrecovery perlu di extract sebelum di copy ???? THX

    ReplyDelete
  46. baca aja tutorianya diatas dngan teliti

    ReplyDelete
  47. gan punya ane tulisan mount R/W gk muncul pas d root explorer....???

    ReplyDelete
  48. tutorial di atas woorkkkk 100% d xperia x8..!!!!
    gw dah coba...smuanya lancar jaya..
    thank gannnnnn...!!!!

    ReplyDelete
  49. tutorial di atas woorkkkk 100% d xperia x8..!!!!
    gw dah coba...smuanya lancar jaya..
    thank gannnnnn...!!!!

    ReplyDelete
  50. gan kalo firmwarenya 2.1-update1 bisa gak?? tolong kasih jawaban???

    ReplyDelete
  51. kebanyak hasilnya 95% gagal masuk xrecovery, ane udah biasa upgrade, root custom rom galmin/ace/fit, ni baru pake x8, baca tutor agan dengan teliti dan ane yakin tanpa ada kesalahan, tapi ttep ga bisa masuk xrecovery, mgkn file xrecovery'nya yg ga kompatible gan, maap sekedar kasih masukan aja gan :beer:

    ReplyDelete
  52. ni sekedar tambahan setelah test punya q akhirnya jadi gan :)
    >>
    Ubah permision ketiga file tadi dengan cara klik tahan pada file yang mau diganti Permissionnya,buka properti trus ubah permissionnya centang semua.

    ReplyDelete
  53. ya bnr mgkin xrecovery-nya yang gak kompatible....jd harus diganti versi xrecoverynya.....bnyak kok versi xrecovery untk X8 di XDA Developer...tanks masukanya gan

    ReplyDelete
  54. ane tau gan permasalahan ga bisa keluar xrecovery nya.
    file diatas masih valid. permasalahannya adalah yang di "mount R/W" jangan cuma di /system/bin aja, tapi mulai dari atas, terus '/system' kemudian '/system/bin' klik mount RW semua. karena walaupun /bin udh R/W tapi atasnya tetep R/O ga bisa. ane udh coba n berhasil.

    R/W = read-write, R/O = Read only

    kalau udh copy paste baru di R/O semua agi gapapa. versi xrecovery nya udah keinstall.

    kalau ada masalah hub ane: @superfirdyan on twitter
    salam kenal

    ReplyDelete
  55. gan ane udh berhasil copy 3 file tersebut,,udh ad superuser nya tapi tetep ngk bsa masuk xrecovery,,gmana gan tolong bantu kurang dikit czx

    ReplyDelete
  56. kok nda muncul mount r/w

    ReplyDelete
  57. itu dicopy apa apa dimove gan. file yg di sd card harus hilang ya

    ReplyDelete
  58. gan punya saya ga ada mount r/w nihh gimana ?

    ReplyDelete
  59. untuk agan2 yg pngn msk k menu xrecovery gampang kok, ini pengalaman ane waktu praktek mindahin xperia8 ane ke 2.3.7.
    kalo agan2 sudah benar secara step by step ngikutin cara admin, dr ngroot hp, trs mskin 3 file xrecovery ny.
    nah entar mati'n hp ny,trs pas hp ny bergetar lngsng aja pencet back berulang2 secara cepat, jgn nunggu logo sony ericsson keluar. entar lngsng msk ke menu xrecovery. kalo msh blm msk, mngkn ngroot ny blm bener, kalo hp dah di root ciri nya app superuser terinstal dgn sendirinya.
    tar 3 file busybox, xrecovery, changemon, di pindah kan pake root explorer jgn lpa tkn yg lma di tiga file yg dah di paste di system/bin di permission centang semua.
    kalo yg msh bingung hub aja gw.
    http://facebook.com/hilman.sujana/ kasihan admin terlalu bnyk mndpt pertannya'an... hehe

    ReplyDelete
  60. biasanya permisionnya tidak tecentang semua gan,
    jadi setelah agan copy ketiga file itu, klik ketiga file itu untuk di permision dan centang semua aja?
    pasti akan berhasil dan nga ada kendala 100%.

    ReplyDelete
  61. gan bagaimana caranya instal Root Explorer di HP, pakai pc companion?

    ReplyDelete
  62. gan, bagaimana cara instal Root Explorer di HP?? apakah pakai PC companion?
    atau bagaimana?

    ReplyDelete
  63. Aduuuh.....susah gan saran udh semua dilakukan sesuai panduan. File udah ke copy, dan udah d centang semua.
    Tapi untuk masuk ke xrecoverynya gk berhasil mulu......

    Tolong pencerahannya para agan2 master !!!

    ReplyDelete
  64. Gan, kok file busybox, chargemon dan xrecovery Gk muncul
    Pdhal dah di rot N Superuser nya dah ada

    ReplyDelete
  65. gan, xperia saya dah sya root..
    tp kog 3 file tadi (busybox, chargemon dan xrecovery) gk da di root xplorer
    pdhal superuser nya pun dah ada

    ReplyDelete