BLANTERWISDOM101

Cara Flashing (Upgrade) Nokia 7210 Supernova

Wednesday 30 March 2011
Pernahkah kamu merasa hp supernova kamu lemot, pengoprasiannya pa restart mulu apa mungkin ngehang-ngeheng...mungkin bagi orang yang awam di bidang HP bisa ngambil kesimpulan (ahh...!!!!! hp q rusak ni mesinya/hardwerenya).nah ni terjadi sama customer saya..kebetulan aku kerja di Percetakan.....nah kata customer saya udah di bawa ke konter hp, katanya gak ada kerusakan makin bingung aja customer saya..nah kebetulan aku biasa flashing hp,aku minta ijin dulu sama customer saya buat coba benerin, Eh ternyata dia percayain supernovanya buat aku repair..Oke lah kalau beg begitu kita langsung ke TKP aja...

 untuk langkah-langkahnya super mudah pertama tama download Nokia Ovi suit/Sowftware update disini lalu install di PC kamu.kalau udah di instal lalu jalankan ovi suit sambil conectkan HP kamu pake kabel data (USB tuggu sampe driverya ngedetect.kalau udah klik ikon yang ada Angka 1 atau klik Tool>Software update ;
Kalau sudah akan tampil seperti di bawah ini ;
Nah tampilan di atas kan gak tersedia tu buat upgrade .lalu klik link re install it pada sebelah icon Hp,kurang lebih akan seperti ini ;
Tunggu hingga proses backup selesai dan diamkan saja,ovi suit akan download Rom buat supernova kamu seperti di bawah ini
Pokoknya abaikan trus ada suara windows kamu detect driver seperti tampilan di bawah ini lagi proses instal ;
Proses instal sedang berlangsung tetap abaikan hingga supernova kamu merestart sendiri lalu akan tampil seperti ini; ingat jangan coba-coba buat cabut usb pada saat proses instal di atas ;
 kalau sudah ada tampilan seperti di atas
Yah selamat supernova kamu sukses di instal ulang (di Flash) 
lalu cabut USB kamu dari komputer kemudian setup TIME trus DATE lalu  bahasa dan coba rasakan hp kamu akan terasa enteng kayak habis beli baru... selamat mencoba......pengalaman pribadi
Share This :

54 comments

Silahkan tiggalkan komentar demi kemajuan blog ini....!!! Jika ada pertanyaan,silahkan hubungi saya diakun Facebook "Nan Kext Tweaking"

  1. Proses flash-nya perlu koneksi internet nggak ?

    ReplyDelete
  2. untuk cara di atas harus ada koneksi internet..kan buat download firmwarenya langsung dari nokia

    ReplyDelete
  3. ityu hp posisi mati atau nyala???

    ReplyDelete
  4. gan hape ane 7210 supernova dan aplikasi2 dari nokianya langsung pada ilang2an terus kalo mau idupin radio sama musik ga bisa, mungkin harus di flash kaya gini ya gan? oh ia kalo di flash gini contactnya ilang ga?

    ReplyDelete
  5. di reset ulang gan. kalau di reset ulang gak bisa di flash saja..ya gan ilang kontaknya lebih baik backup dulu saja...!

    ReplyDelete
  6. hp nokia 7210 supernova qu,
    sudah 8X sya software dtukang service gara gara cman gambar nokia aja dlayar nya,
    klau udah dflash,
    kira kira penyakit heng heng nya itu msh kambuh lg ngga?
    Thax

    ReplyDelete
  7. Insya Allah bisa gan dicoba saja dulu....!!

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum..!!
    Gan Hp nokia 7210 supernova saya layarnya MEMUTIH GAN,gimana cara memperbaikinya ya,,?? Mohon pencerahannya..
    terimakasih banyak...

    ReplyDelete
  9. Waalaikum salam..!!!jika tidak ada kerusakan pada hardware-nya.di flash saja gan pake JAF offline mode...sama2 mas Apin

    ReplyDelete
  10. firmwirenya berapa mb??

    Numpang nanya lagi, hape teman saya baru aja beli nokia apalah lupa, kecemplung got, trus dipake buat fb an, udah diketik emailnya tapi gag bisa masuk tulisan yang diketik itu, gmana nih?

    ReplyDelete
  11. 36mb gan..!! paling itu kypadnya. buka trus bersihin,tp kalau gak bisa ya bawa ke tukang service saja gan..

    ReplyDelete
  12. gan hp 7210 supernova saya pertama nya di hidupin nyala,tapi pas saat tampil tulisan nokianya langsung macet,layarnya putih,dan sekarang hp nya mati total..kira-kira itu bisa di flash gx ya

    ReplyDelete
  13. klau mati total gak bisa di flash gan...minimal ya hidup walaupun cuman bertahan di logo nokia

    ReplyDelete
  14. supernova gw gk bisa install aplikasi,, kalo pake cara ini apa bisa install aplikasi lg?

    ReplyDelete
  15. coba gan buka di pengaturan>pengamanan>sertifikat otoritas.. terus
    akan muncul daftar sertifikat sorot trus pilihan>pilih kegunaan
    centang semua kotaknya..jika tidak bisa coba buka sertifikat pengguna
    trus lakukan hal yang sama seperti diatas, sesuaikan tanggal bulan tahun di hp. jika msh gak bisa flash saja gan

    ReplyDelete
  16. gan supernova gw pemutar musiknya gak bsa jlan, klo diputerin mp3/video memorinya pnuh trus... apa tuh gan penyakitnya? apa jg hrs diflash...?

    ReplyDelete
  17. itu memori iternal-nya penuh gan coba hapus salah satu aplikasi,atau aplikasinya pindahkan ke memory card hapus riwayat internet di browser internet.

    ReplyDelete
  18. safana angin biru1 May 2012 at 21:36

    asslam..
    mau tanya jh nih..
    Hp Supernova ku, bz dinyalain, tp hanya smpe logo.. trus mati.. klo diidupin lg bgtu seterusnya,, kira2 bz diflash sesuai petunjuk diatas...?? mohon dijawab y...

    Wassalm..

    ReplyDelete
  19. Wa'alaikum salam.....di flash tp bukan dengan cara diatas. tapi flash dengan JAF (offline mode)untuk tutorialnya disa dilihat disini bukan untk supernova si tapi tutorialnya hampir sama....

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum wr.wb
    saya mau nanya nih,kenapa hp nokia 7210 saya data data ditelepon nya terhapus, seperti aplikasi, permainan dan kalkulatornya juga hilang. Lalu pemutar musiknya juga tidak mau,kalau dibuka memory penuh. Gimana tuh mengatasinya.
    Terimakasih
    wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  21. Waalaikumsalam....
    itu memori iternal-nya penuh gan coba hapus salah satu aplikasi,atau aplikasinya pindahkan ke memory card hapus riwayat internet di browser internet lalu restart. kalau gak bisa di flash aja cuman backup dulu datanya pake ovi suit

    ReplyDelete
  22. Mas, hp aku 7210 supernova.. tapi kalo buat puter musik sama buka video juga radio tulisannya "MEMORY TIDAK CUKUP" gitu terus mas. solusinya gimana mas.

    ReplyDelete
  23. wah saya sendiri belum pernah coba tu....kyknya si hampir sama!!!!

    ReplyDelete
  24. permisi gan, ane mau tanya neh. nokia 7210 supernova punya ane baru2 di perbaiki n kayaknya di reset ulang. nah setelah itu kok koneksi internet g bisa lagi yah. kalau pun ane minta setingan internet dari operator ane g bisa juga dia malahan g di respon ma operator tp kalau ane ganti hp n pake kartu yg tetap n minta setingan internet ke operator tetap di respon. apakah ada masalah dgn hp ane?? thanks yah gan...

    ReplyDelete
  25. coba di upgrade...atau kalau tidak tersedia diupgrade coba di reinstall...

    ReplyDelete
  26. pas aku klik software update ada bacaan " something gone wrong " gmn itu gan?

    ReplyDelete
  27. ada yang tdk beres itu gan coba restart kompi-nya coba lagi kalu gak bisa lagi reinstal software updatenya...kalau gak bisa lagi coba instal netframework 2.0 atau lebih tinggi. jika tidak bisa lagi coba ganti kabel data (USB)nya....!!!!!

    ReplyDelete
  28. pada prosses apa gak bisanya

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaikum gan.. Ane mo tnya, hp ane supernova.. knpa pmutar musik, video, radio.. Jwbanne memori tidak ckup.. Knapa tu gan, bsa g diflashing jdi nrmal lgi..

    ReplyDelete
  30. itu memorynya penuh gan hapus file yang di phone memory atau pindah ke microSD...dan hapus sebagian aplikasi yang gak begitu diperlukan

    ReplyDelete
  31. kok ga bisa di instal ya mas bro softwarenya ??

    ReplyDelete
  32. seharusnya bisa gan kalau gak bisa berarti windowsnya gak beres itu

    ReplyDelete
  33. makasih mas atas infonya, nokia7210 jadi bagus lagi gak perlu ke konter hp

    ReplyDelete
  34. gan,,,,,hapequ mau di flash,,,,kta sank dokternya minta perjangjian dulu antara hidup dan mati,,,aq fikir 2x dulu gan,,,,klu dach tau caranya gini,,,,mungkin kan qu coba,,,matipun qu qu g peduli,,,hehehe
    semoga berhasil yea gan,,,?

    ReplyDelete
  35. Asslamualaikum, gan..
    Gan, ane dah 2x ngflash kyak diatas.. Pi g ada perubahane, n g ada yng diset atw apapun.. Tlong dong, gan?

    ReplyDelete
  36. Wa'alaikum salam...memang gak ada perubahan yang segnifikan gan paling sekedar memperbaiki yang eror

    ReplyDelete
  37. Assalamu alaikum bang ane mau nanya kenapa hp nokia 7210 ane setelah di flash semua sertifikatnya kagak berlaku semua aplikasi yng sya donwload sertifikatnya kagak ada mohon jawabanya...

    ReplyDelete
  38. buka di pengaturan>pengamanan>sertifikat otoritas.. terus
    akan muncul daftar sertifikat sorot trus pilihan>pilih kegunaan
    centang semua kotaknya..jika tidak bisa coba buka sertifikat pengguna
    trus lakukan hal yang sama seperti diatas, sesuaikan tanggal bulan tahun di hp. jika msh gak bisa flash saja gan

    ReplyDelete
  39. gan..hp 7210 supernova awalnya bisa internet..tp stlh di install ulang..jd ga bs..krn kl sy lht ga da negara indonesianya gitu di web settingnya..apa solusinya,gan..

    ReplyDelete
  40. Mas..makasih infonya,saya juga punya kasus sama, tapi pas udah didownload nokia ovi nya error trus harus diupdate lagi jadi nokia suite dan gak ada link re-install it nya.

    ReplyDelete
  41. aah sama ini sama hp aku
    ternyata banyak jg toh kasus nya si supernova 7210 ini error memutih gajebo
    -bang bedul-

    ReplyDelete
  42. setiap dua dua menit mati dan mati..
    gimana tu..?

    ReplyDelete
  43. Assalamualaikum wr.wb
    saya mau nanya nih,kenapa hp nokia 7210 saya data data ditelepon nya terhapus, seperti aplikasi, permainan dan kalkulatornya juga hilang. Lalu pemutar musiknya juga tidak mau,kalau dibuka memory penuh.padahal memory internal nya banyak kosong gan Gimana tuh mengatasinya.
    Terimakasih
    wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  44. assalam.. gan aplikasi diatas udah didonload, dan udah terinstall,tapi waktu diganain kok gak bisa nyambumg seperti diatas. cma ada angka 1 aja, di klik gak bisa. kalau ngekli yang lain tba2 download ovi yang versi baru,,, gmna tu apa yang haris ku lakukn

    ReplyDelete
  45. g ada respon dari host jika di colokkan ke komputer, jd may flash juga ribet . . .
    minta solusinya gan gimana caranya biar bisa konek lagi kalo di sambungin ke komputer . . .


    atur nuhun . . .

    ReplyDelete
  46. Bro, gak ada cara "Offline" yah
    Proses downloadnya lama gak?
    Kira2 berapa lama dari start sampe finish semua prosesnya?

    ReplyDelete
  47. gan hp nokia 7210 supernova gua kan tiba" mati ndiri trus gua nyalain tiba" aplikasi defaultnya hilang semua trs ga bisa buant nyalain mp3 & radio
    g mana tuch gan???

    ReplyDelete
  48. assalamu alaikum gan..
    hp aq 7210 supernova gan,awalnya dlu msih hidup trus aq matiin krn m gnti krtu.stelah itu mo aq hidupin lg dah g bsa gan.awalnya cm muncul tulisan nokia,trus tiba2 muncul tulisan contact services lalu mati gtu aj gan.skrg malah sma sekali gak mo hidup.solusinya gmn gan?mhon bntuannya..mathur thangkyu

    ReplyDelete